Labels

Friday, August 8, 2014

6 Hal Untuk Meresponi Destiny Kita

Selain 5 Hal Penting Untuk Memperoleh Kanaan Kita, melalui hamba-Nya, Tuhan sekali lagi memperjelas dan memperdalam maksud-Nya dengan menjabarkan langkah demi langkah supaya apa yang sudah ditakdirkan-Nya bagi kita tergenapi dengan sempurna:

1. Mengenali dengan seutuhnya destiny kita masing-masing. Siapa kita, termasuk impian kita di hadapan-Nya, untuk apa kita ada di dunia ini, apa kehendak-Nya dalam hidup kita dan bagaimana menggenapi kehendak-Nya tersebut hingga Garis Akhir merupakan hal-hal yang sama sekali tidak bisa ditawar supaya kita didapati berkenan hingga pada akhirnya. Dibutuhkan proses yang panjang, dan dalam untuk akhirnya kita yakin bahwa itulah keinginan-Nya juga. 


Banyak orang percaya yang ragu bahkan takut dengan keinginannya sendiri karena takut terjebak dengan perkara kedagingan sehingga akhirnya tidak bisa total dalam memperjuangkan destiny-nya tersebut. Padahal Yakub dengan segala kelicikannya tetap dihargai bahkan dikasihi Tuhan, karena Yakub begitu menghargai sebuah hak kesulungan sebagai milik pusakanya yang dari Tuhan. Ambisi Yakub itu ambisi kudus sekalipun cara-caranya begitu mengerikan dan bukan berarti Tuhan menghalalkan kelicikannya.

Jika itu tidak cukup, maka ketahuilah bahwa Tuhan sering kali menyamarkan keinginan-Nya "atas nama" keinginan kita. Timbulnya keinginan di hati Musa untuk mengunjungi saudara-saudaranya (Kisah Para Rasul 7:23) BUKAN timbul dari dalam hatinya sendiri, keinginan itu justru datang dari luar hatinya, yakni dari Roh-Nya yang kudus.

"Now when he (Moses) was forty years old, it came into his heart to visit his brethren, the children of Israel." - Act 7:23

2. Tentukan dengan siapa kita mau belajar. Setelah kita meyakini panggilan dan destiny kita, carilah dengan tuntunan Roh Kudus-Nya, orang-orang yang kita yakini dapat menolong dan mendukung kita untuk mencapai puncak destiny kita. Jika kita yakin destiny kita sebagai nabi-Nya, cari, doakan, hadapkan serta pelajari nabi-nabi-Nya yang telah sukses. Begitu juga sebagai pengusaha, penginjil, gembala, seniman, guru atau bahkan sebagai rasul-Nya sekalipun. Mintalah divine connection dan hikmat-Nya untuk kita bisa menikmati semua prosesnya itu.

Dan ketika kita telah menemukan para senior yang tepat untuk kita belajar, perlakukan mereka dengan benar. Dibutuhkan hikmat dan karunia khusus untuk bisa membaca dan memperoleh perkenanan para senior kita supaya mereka dapat menjadi saluran berkat seperti yang kita harapkan. Perhatikan cara Yakub memperlakukan Ishak, Yakub memahami kesukaan ayahnya, dan bersama Ribka, ia menyajikan masakan daging yang paling enak bagi Ishak. Begitu juga perempuan Sunem memperlakukan Elisa sebagai abdi Elohim. Dan karena pelayanannya yang begitu excellent, maka Elisa berkenan memberkati perempuan Sunem tersebut hingga akhirnya memiliki seorang putera.

3. Miliki kuasa untuk memotret dengan kuat akan masa depan kita. Jika kita yakin bahwa panggilan dan destiny kita sebagai seorang pengusaha, maka kita harus mampu memproyeksikan diri kita sebagai seorang pengusaha sukses. Dan seberapa tinggi kesuksesan yang hendak dicapai, itu tergantung cara kita memproyeksikan hal itu dalam batin kita. Minta Roh-Nya untuk bicara ke batin kita dan ajaklah jiwa kita bicara dari waktu ke waktu sehingga ada cetakan yang begitu kuat akan sebuah potret kesuksesan yang besar di dalam batin kita. 

4. Kemampuan untuk berjalan selangkah demi selangkah dengan Tuhan. Biar bagaimanapun, perjalanan mencapai puncak destiny merupakan perjalanan dua insan, yakni Tuhan dan diri kita masing-masing. Maka sudah barang tentu kita wajib berjalan seirama dengan setiap langkah-Nya. Yang paling tidak boleh dilakukan adalah menyerahkan semua hal kepada-Nya sementara kita tidak melakukan apa-apa. Ada bagian yang harus Ia lakukan dan selalu ada bagian yang harus kita tuntaskan. Apa yang harus kita lakukan itu haruslah sesuai dengan kehendak-Nya, BUKAN sesuai dengan kehendak kita.

Dengan keselarasan yang indah bersama dengan Tuhan, maka semua yang rohani yang dari pada-Nya akan match (cocok) dengan semua yang jasmani yang kita butuhkan untuk mencapai puncak destiny kita. Dan percayalah bahwa pengutusan-Nya terhadap diri kita itu telah melalui berbagai pertimbangan-Nya yang sempurna, jadi yakinlah bahwa kita pasti sanggup menyelesaikannya sampai tuntas. Tuhan tidak mungkin mengutus seseorang, jika Ia tidak yakin bahwa orang tersebut mampu menyelesaikannya.

5. Semua yang Tuhan berikan adalah benih. Dan dalam anugerah-Nya, kita memiliki kesempatan untuk menumbuhkan, membesarkan serta melipatgandakan benih tersebut hingga maksimal dengan tindakan-tindak yang benar dan pembayaran harga yang tepat. Selama kita setia terhadap semua prosesnya, maka hasil pasti akan dianugerahkan-Nya kepada kita.

6. Jagalah sikap hati kita senantiasa. Sebab setiap momen, setiap hari, setiap waktu, setiap keputusan bahkan setiap kedipan mata bisa menjadi sebuah penentuan atas destiny kita hingga pada kekekalan.

5 Hal Penting Untuk Memperoleh Kanaanmu - Vol. 1

5 Hal Penting Untuk Memperoleh Kanaanmu - Vol. 2

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.